Tidak Ada Alasan Meninggalkan Ibadah


Tidak ada alasan bagi seorang hamba untuk tidak beribadah kepada Allah. Allah akan mengalahkan argumentasi (makhluk) pada hari Kiamat kelak dengan empat orang :

1. Pertama 
Dia berargumentasi pada orang kaya dengan Sulaiman bin Daud As. Seolah-olah Dia berkata kepada mereka "Kenapa kau tinggalkan ibadah?" Jika mereka menjawab, "Kami sibuk mencari harta benda dan kekuasaan." Maka Allah pun menjawab, "Adakah kerajaan yang lebih besar dari kerajaan Sulaiman. Adakah harta yang lebih banyak dibanding hartanya. Namun, sedikit pun ia tidak pernah meninggakan ibadah."

2. Kedua 
Dia berargumentasi pada hamba sahaya dengan Yusuf As. Seolah-olah Dia berkata, "Kenapa kau tinggalkan ibadah?" Jika mereka menjawab, "Kami sibuk melayani tuan-tuan kami." Allah menjawab, "Hamba-Ku Yusuf bekerja pada seorang menteri Mesir dan istrinya. Namun sekalipun ia tidak meninggalkan Ibadah."

3. Ketiga
Dia berargumen pada orang sakit dengan Ayyub As. Seolah-olah Dia berkata pada orang sakit, "Kenapa kau tinggalkan ibadah?" Jika mereka menjawab, "Kami sakit!" Allah pun menjawab, "Hamba-Ku Ayyub sakit sangat parah, namun ia tidak pernah meninggalkan ibadah."

4. Keempat
Dia berargumentasi pada orang miskin dengan Isa As, seolah-olah Dia berkata pada mereka, "Kenapa kau tinggalkan ibadah ?" Jika mereka menjawab, "Kami sibuk dengan kefakiran kami." Allah pun menjawab, "Hambaku Isa lebih fakir dari siapa pun di dunia. Sedikit pun ia tidak memiliki harta benda; tidak punya rumah, harta benda, istri, namun ia tak pernah meninggalkan ibadah."

Sumber : Nasha Ihul Ibad

Tidak ada komentar:

Posting Komentar